Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Pasuruan

Jalan Raya Raci KM 15 Bangil - Pasuruan 67153 Jawa Timur, Telp. (0343) 748909 , Fax. (0343) 747919 email: kpakabpasuruan@yahoo.co.id

PTRM Puskesmas Bangil Lulus Seleksi Tahap II - SEMIFINAL - Indonesia MDG Awards 2012



MILLENIUM Development Goals atau biasa dikenal dengan sebutan MDGs sebentar lagi akan memasuki tenggat waktu berakhirnya program pada 2015. Banyak inisiatif dan ide kreatif dari berbagai pihak sebagai salah satu bentuk partisipasi membangun kesejahteraan lingkungan yang lebih baik.

Untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah giat memberikan inisiatifnya kepada lingkungan, terkait dengan berbagai poin dalam MDGs, Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs menyelenggarakan Indonesia MDG Award 2013 (IMA). Sebuah forum tahunan sebagai bentuk apresiasi bagi para pelaku pembangunan berwawasan MDGs terbaik dari seluruh daerah di Indonesia.Ada lima kategori, di antaranya dalam bidang gizi, kesehatan ibu dan anak, penyakit menular, lingkungan hidup, dan pendidikan, yang semuanya berbasis kepada poin dalam MDGs.


Dalam pelaksanaan IMA pada tahun 2013 ini, panitia IMA akan memberikan penghargaan khusus bagi provinsi yang mampu melahirkan teladan-teladan pembangunan terbanyak di tingkat kabupaten dan kotamadya. Ini menjadi bukti suksesnya sebuah provinsi untuk menggugah pembangunan di regionalnya.

Dari Program yang di ajukan Kabupaten Pasuruan, PTRM (Program Terapi Rumatan Metadon) UPTD Puskesmas Bangil dbawah naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan  Lulus Seleksi Tahap II - SEMIFINAL - Indonesia MDG Awards 2012, dalam kategori program penyakit menular. Pengumuman pemenang IMA 2012 ini akan diselenggarakan di Bali tgl 26 Maret 2013 nanti.

Semoga dengan adanya apresiasi ini dapat semakin memotivasi Program layanan di Puskesmas bangil tang seutuhnya merupakan Program Pengurangan Dampak Buruk (Harm Reduction) bagi Pengguna narkoba Suntik dengan memberikan “metadon” yaitu salah satu “substitusi” opiat kepada pecandu napza suntik (penasun)  dan terkontrol oleh pelayanan kesehatan. 

PTRM bertujuan :
  • Terapi penyembuhan secara bertahap & para pecandu narkoba dapat beraktifitas secara normal
  • Menurunkan pemakaian NAPZA suntik
  • Mencegah penularan penyakit melalui darah spt HIV/AIDS, Hepatitis B & C dgn cara mengurangi pemakaian obat melalui suntikan & bertukar jarum suntik
  • Membantu orang yg ketergantungan obat mencapai keadaaan BEBAS obat dg cara detoksifikasi & meningkatkan kualitas hidup
  • Meningkatkan status kesehatan pengguna norkotika & zat aditif shg dapat hidup normal & produktif melalui PTRM


DENGAN KEHADIRAN KLINIK PTRM DIHARAPKAN DAPAT MENJADI ALTERNATIF TERAPI YANG AMPUH BAGI PENGGUNA NARKOBA SUNTIK DAN MENCEGAH MELUASNYA PENYEBARAN HIV & AIDS DI KABUPATEN PASURUAN PADA KHUSUSNYA.

Apresiasi ini bukan merupakan tujuan utama Program yang dilakukan oleh Puskesmas Bangil, namun seiring ini semoga informasi terhadap Program Pengurangan Dampak Buruk dengan Program Terapi Rumatan Metadon dapat di ketahui dan mendapat dukungan oleh masyarakat luas.
PTRM dilaksanakan di Puskesmas Bangil tak luput dari dukungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dengan peran serta berbagai pihak meliputi:
  • Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan
  • Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Pasuruan
  • Dinas Kesehatan Provinci Jawa Timur
  • Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinci Jawa Timur
  • Lembaga Founding Australia - HCPI
  • LSM Pendamping IDU - Yayasan Sadar Hati (Sadar Hati Foundation)
  • Komunitas Penasun (Barnaz Pas'12 - GEMPAR)
  • Tim PTRM UPTD kesehatan Puskesmas Bangil



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...